COMBINE HARVESTER SI MESIN PEMANEN PADI

Perkembangan teknologi diera modern tidak pernah surut, inovasi-inovasi kreatif selalu dilakukan untuk ciptakan teknologi tepat guna. Tidak terkecuali di dunia pertanian. Petani tradisional yang selama ini menggantungkan tenaga manusia untuk kegiatan pertanian dari menanan hingga proses pemanenan ternyata mengalai keluhan.

Beberapa keluhan seperti pergantian iklim yang cepat, membuat petani harus pertindak cepat melakukan kegiatan pertanian, seperti pemanenan yang jika mengandalkan tenaga manusia butuh waktu lebih lama, apa lagi saat ini susah untuk mencari tenaga petani karena perubahan gaya hidup yang lebih banyak orang memilih pekerjaan lain selain bertani. Selain itu harga upah buruh tani yang cukup terbilang mahal dan tidak sebanding dengan untung yang diperoleh sering menjadi permasalahan bagi petani.sehingga petani kini memerlukan alat-alat yang dapat mempercepat kegiatan pertanian, dengan biyaya yang lebih ringan.

Hadirnya combine harvester mesin pemanen padi menjadi solusi bagi petani untuk bisa memanen padi dengan waktu yang lebih cepat dari pada menngunakan jasa buruh tadi untuk memotong padi. Harga sew ajika diperhitungkan juga lebih murah. Mesin ini tidak harus beli ya…para petani bisa menyewanya di jasa penyewaan.

Fungsi operasional dasar combine harvester secara umum adalah:

  1. Memotong padi yang masih berdiri
  2. Menyalurkan tanaman padi yang sudah terpotong ke selinder
  3. Mampu merontokkan gabah dari tangkai atau batangnya
  4. Memisahkan gabah dari jerami
  5. Mampu membersihkan gabah dengan cara membuang gabah kosong dan kotoran/benda asing

Nah, jika kita lihat dari fungsinya. Mesin ini mengkombinasikan tiga operasi atau kegiatan yang berbeda yaitu: menuai, merontokkan, dan menampi. Tukan sangat efesien, tiga kegiatan yang terpisah dan butuh waktu lebih lama dikerjakan langsung oleh mesin ini? Bagaimana anda merasa tertarik?

Sekarang kita akan bahas keuntungannya. Beberapa keuntungan yang didapat petani adalah:
1. Mengatasi kesulitan mencari tenaga buruh tani ketika panen raya
Ketika panen raya tiba, secara bebarengan petani melakukan kegiatan panen raya dan disilain tenaga buruh tani terbatas, sehingga mereka harus menunggu giliran. Coba bayangkan jika panen masih dimusim hujan. Kalua harus menunggu terlalu lama padi bisa terus kehujanan ini bisa mengurangi kuwalitas padi. Selain itu hama tikus juga menjadi ancaman jika tidak segera dipanen. Dengan menggunakan mesin pemanen ini kegiatan panen raya lebih cepat terselesaikan.

2. Lebih efesien dengan biaya lebih murah
Pengoprasian combine harvester ini hanya butuh 1 samapi 2 orang, tentusaja sangat meringankan petani karena bisa menghemat jumlah tenaga kerja dan waktu pemangkasi juga lebih cepat

3. Memperkecil tingkat kehilangan hasil
Pada saat proses perontokan padi kemungkinan padi terbuang lebih banyak jika dibandingkan dengan mesin ini. Karena tanaman padi setelah dipotong langsung dirontokkan, kemudian gabah langsung dimasukkan ke karung secara otomatis oleh mesinnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *