Manfaat Alat Permainan Edukatif (APE)

Orang tua pasti menginginkan segala yang terbaik untuk buwah hatinya, tidak terkecuali untuk menyenangkan hati anak dengan berbagai mainan. Bagi anda yang memiliki anak kecil, mainan seakan menjadi kebutuhan poko iya kan…hingga setumpuk mainan memenuhi isi ruangan. Nah, bapak/ibu, sebagai orang tua kita harus cerdas dalam memilih mainan untuk anak kita. Mainan yang kita pilih harus disesuaikan dengan usia perkembangan anak, selain itu kita juga harus mengetahui kebermanfaatan dari mainan tersebut.jadi jangan asal beli ya….mainan tidak harus mahal yang terpenting dapat meningkatkan potensi anak kita.

Alat Permainan Edukatif (APE) dapat menjadi salah satu pilihan mainan untuk anak kita, banyak sekali jenis APE yang dapat kita beli atau kita buat sendiri. APE didesai oleh para ahli untuk meningkatkan kecerdasa, ketrampilan, dan juga ketangkasan anak. Beberapa aspek perkembangan juga dapat diasah melalui APE, seperti kognitif atau pemikiran logis, afektif atau sikap, dan juga psikomotorik atau ketrampilan.

Berikut beberapa manfaat dari APE:

1. Menumbuhkan kemampuan motorik

  • Anak memiliki dua kemampuan motorik, yakni motorik kasar dan juga motorik halus. Motorik halus seperti kemampuan menulis, mengambar, melukis dan lain-lain. Kemampuan ini bisa kita asah dengan APE yang dalam penggunaannya melibatkan kegiatan meraba, memegang, sehingga dapat meingkatkan sensor pada indra perabanya. Seperti buku dengan kain flannel.

    Buku kain flannel seperti diatas, selain dapat melatih motorik halus juga bisa melatih kecerdasan kognitifnya, dengan berbagai materi yang ada didalamnya.

  • Kemampuan motorik kasarnya, bisa diperoleh ketika anak mengerakkan mainannia, melempar mainan, atau mengangkat mainan.

2. Melatih kreativitas dan perkembangan anak

Dunia anak adalah dunia bermain, kita sebagai orang tua jangan sampai menyalahi itu. Anak-anak jangan dipaksa untuk terus belajar dengan hanya membaca buku atau mengerjakan soal. Sajikan lingkungan belajar yang menyenangkan dengan memberikan alat permainan edukatif, ini membuat anak merasa tidak sedang belajar tapi sebenarnya dia belajar dengan bermain. Orang tua berperan penting dalam hal ini, karena semahal apapun alat permainan hanyalat alat yang membutuhkan orang yang bisa menyampaikan informasi yaitu orang tua. Sehingga tujuan dari APE itu bisa tersampaikan
Kreativitas anak bisa kita asah, semisal dengan bermain puzzle, anak bisa membedakan ukuran benda, warna benda, dan dapat bermain logika dengan mencari gambar yang sama.

Gambar diatas merupakan contoh APE Puzzel dan juga balok,yang dapat mengasah kreativitas dan perkembangan anak.

3. Mengenalkan konsep logika sederhana

Konsep logika bisa kita kenalkan kepada anak sejak batita, tentu dengan konsep sederhana. Hal ini akan lebih mudah kita lakukan dengan alat bantu yaitu alat permainan edukatif. Berfikir logis seperti mengurutkan ukuran benda dari yang terkecil ke yang terbesar atau sebaliknya. Bisa juga dengan aktifitas menyusun balok. Dengan menyusun balok, ketika proses penyusunan ambruk anak akan berfikir bagaimana caranya agar balok yang disusun tidak ambruk, pasti anak akan mengotak-atik posisi balok. Nah menyenangkan buka belajar dengan anak mengunakan APE?

Salahn satu balok kayu yang dapat kita gunakan.

4. Membantu konsentrasi anak

Tau kan anda, bahwa anak-anak sulit sekali untuk duduk diam. 10-15 menit sudah menjadi waktu yang cukup lama bagi anak untuk duduk diam berkonsentrasi. Jadi untuk anda para guru harus bisa memanfaatkan waktu ini diawal pembelajaran secara efektif.

Nah, dengan APE ini, anak akan berlatih konsentrasi, semisal ketika anak memainkan puzzle, anak dituntut untuk focus dan konsentrasi melihat dan mengamati gambar dan juga bentuknya agar puzzle dapat tersusun dengna baik.

Gambar dan warna yang menarik pada puzzle akan meningkatkan gairah bermain sambal belajar pada anak.

Nah….sudah jelas belum, manfaat dari APE, jangan khawatir untuk bisa mendapatkan APE sangat mudah, anda bisa mendapatkannya secara online dari berbagai situs jual beli online yang ada.

Catatan terpenting:

APE hanyalah alat, informasi dari APE akan tersampaikan jika orang tua mendampingi anak bermain dan berinteraksi dengan anak.

Sebagus apapun, semahal apapun mainan yang kita beli untuk anak, jika orang tua tidak terlibat aktif di dunia anak, mainan itu tidak banyak bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *