Manfaat Kunyit untuk gejala Menopouse

Menopouse menjadi salah satu hal mengerikan bagi sebagian wanita, akan tetapi merupakan kondisi yang pasti akan mereka alami. Menopouse merupakan kondisi berakhirnya siklus menstruasi secara alami, kondisi ini dapat terjadi ketika wanita memasuki usia 45 hingga 55 tahun. Bagaimana seorang wanita dapat dikatakan telah menopose? seorang wanita bisa dikatakan menopouse apa bila tidak mengalami menstruasi lagi minimal selama 12 bulan secara berturut-turut.
Beberapa masalah kesehatan bisa saja muncul ketika wanita mengalami menopause hal ini dikarenakan terjadinya penurunan produksi hormon. Gejala menopouse yang terjadi dalam masa preimenopause bisa terjadi beberapa bulan atau beberapa tahun sebelum menstruasi berhenti. Gejala-gejala ini sering menjadi masalah bagi wanita yang mengalaminya. Perubahan-perubahan pada diri wanita kerap terjadi di masa preimenopause mulai dari perupahan siklus menstruasi, perubahan fisik, psikologis, hingga permasalahan seksual. Perubahan tersebut sebagai berikut:

  1. Perubahan penampilan fisik. Perubahan penampilan fisik meliputi: Rambut rontok, kulit kering, payudara kendur, berat badan bertambah. Tentu saja kondisi ini sangat tidak disukai wanita. Selain perubahan fisik demikian, pada kondisi ini wanita akan merasa panas atau gerah, sehingga mudah berkeringat. Kondisi ini disebut hot flashes. Berkeringat di malam hari, Pusing, Jantung berdebar, Infeksi berulang pada saluran kemih. Selain mengalami perubahan di atas, wanita yang telah menopause menjadi lebih berisiko terserang penyakit jantung dan osteoporosis.
  2. Perubahan pada siklus menstruasi. Menstruasi menjadi tidak teratur, kadang terlambat atau lebih awal dari biasanya (oligomenorea). Selain itu darah yang keluar saat menstruasi dapat lebih sedikit atau justru lebih banyak.
  3. Perubahan psikologis. Suasana hati berubah-ubah atau moody, mengalami kesulitan tidur,bahkan juga bisa depresi
  4. Perubahan seksual. Vagina menjadi kering disertai dengan Penurunan libido (gairah seksual).

Anda tidak perlu khawatir, kondisi ini dapat diatasi dengan menafaatkan kunyit sebagai solusi alternatif mengtasi gejala tersebut. Berikut manfaat kunyit untuk gejala menopouse:

  1. Kunyit banyak memiliki kandungan fitoestrogen
    Fitoestrogen adalah jenis tanaman yang dapat mensimulasikan aktivitas esterogen tubuh. Salah satu manfaat kunyit adalah jumlah Fitoestrogennya tinggi. Alternatif yang bagus, untuk mendapatkan Fitoestrogen secara alami, adalah dengan memasukkan sedikit kunyit ke dalam makanan kita, atau bisa anda buat minuman kunyit yang segar.
  2. Memiliki efek antikoagulan.
    Kesehatan jantung juga ikut terpengaruh selama dan setelah menopouse, terutama oleh kondisi koagulasi. Dengan mengkonsumsi kunyit secara teratur anda bisa menurunkan resiko ini tanpa efek samping. Karena meskipun ada jenis obat yang dapat membantu melawan jenis penyakit ini, obat kimia juga dapat menyebabkan pendarahan yang berlebihan apalagi jika anda konsumsi dalam jangka waktu banyak.
  3. Dapat Membantu meredahkan rasa sakit
    Menopouse biasanya disertai dengan timbulnya rasa nyeri, disertai dengan peradangan. Jenis nyeri ini bisa menimbulkan rasa sakit dan tidak nyaman ketika melakukan aktifitas sehari-hari. Nyeri yang bisa dialami selama masa ini adalah nyeri otot, sakit kepala, migrain, bahkan kekakuan otot.
    Salah satu manfaat kunyit adalah untuk meringankan rasa sakit yang disebabkan oleh peradangan. Efek analgesik menjadikan kunyit sempurna untuk penyembuhan gerakan tanpa harus menambahkan obat tambahan untuk dikonsumsi sehari-hari.
  4. Kunyit juga dapat mengurangi resiko infeksi dan inkontinensia
    Selama menopause, pengurangan estrogen dan atrofi vagina meningkatkan risiko menderita infeksi vagina. Setelah memasuki masa menopause dan pasca-menopause, normal untuk mengalami iritasi, gatal, dan sekresi vagina yang tidak normal. Mungkin juga mulai mengalami inkontinensia urin. Di antara manfaat kunyit, mengandung sifat antimikroba, anti-jamur dan anti-inflamasi. Faktanya, kunyit merupakan salah satu solusi alami yang paling direkomendasikan untuk mengatasi masalah ini.

Nah, itu tadi beberapa manfaat dari kunyit. Anda cukup rutin mengkonsumsi kunyit dan tidak perlu terlalu khawatir akan kondisi yang anda alami sehingga dapat memicu meningkatkan stren yang justru akan memperburuk keadaan. Kunyit bahan alami yang aman untuk dikonsumsi asalakan jangan terlalu berlebihan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *