MANFAAT KURMA UNTUK KESEHATAN

Buah yang sudah tidak asing lagi bagi kita, rasanya yang manis tapi tidak bikin nek dan teksturnya yang lembut membuat buah ini banyak disukai dari berbagai kalangan mulai dari anak-anak hingga orang tua pun suka akan buwah yang satu ini.

Ya,,,buwah kurma, buwah ini berasal dari tanah arab, sering disebut buwahnya Nabi. Untuk mendapatkan buwah ini sangat mudah meski Arab jauh dari kita, di Indonesia banyak sekali yang menyediakan buwah ini, kita bisa mendapatkannya di supermarket atau bisa juga melalui situs-situs online. Terlebih pada saat bulan Ramadhan tiba, berbagai jenis kurma mulai dari yang biasa hingga rajanya kurma ditawarkan. Jenis yang paling umum dan sering dijumpai seperti, golden kurma, khalaz, tunisa, sukhari bahkan kurma ajwa pun mudah sekali kita dapatkan.

Buwah kurma ini selain rasanya yang enak, manfaat untuk kesehatan juga banyak lo. Coba bayangkan rasa yang manis pada kurma justru dapat mencegah resiko diabetes. Luwar biasakan, yuk sekarang kita simak apa saja manfaat kurma untuk kesehatan.

  1. Sebagai pencegah diabetes

Kurma memiliki rasa manis, tapi kenapa justru dapat mencegah diabetes? Kandungan serat tak larut didalam kurma membuat kurma lebih lambat proses pencernaanya didalam perut, ini membuat tubuh kita lebih mampu mengontrol gula darah dalam tubuh. Sehingga meskipun rasanya manis dapat mencegah diabetes.

  1. Menjaga kesehatan pencernaan kita

Kurma bisa membuat pencernaan kita lebih sehat, terutama bagi anda yang sering mengalami sembelit. Kurma mengandung banyak serat terutama serat tak larut, makanan yang mengandung serat tak larut dapat melancarkan pencernaan tetapi juga dapat memadatkan fases.

Sungguh luwar biasa buah kurma, dua permasalahan yang kerap berlawanan yaitu diare karena pemadatan fases yang terganggu dan juga sembelit dapat diperbaiki dengan kandungan serat tak larut yang ada dalam kurma.

  1. Solusi untuk anemia

Kandungan zat besi yang tinggi pada kurma membatu pembentukan sel darah merah, serta mengurangi kelelahan dan lesu akibat dari anemia. Anemia yang disebabkan karena kurangnya zat besi dapat diatasi dengan konsumsi kurma secara rutin.

  1. Meningkatkan kesehatan jantung

Seringkali kolesterol jahat menjadi penggangu pada jantung, sehingga bisa menurunkan kesehatan jantung kita. Serat yang terkandung pada kurma sangat bermanfaat untuk mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh kita.

Tidak hanya serat, berbagai zat bermanfaat dalam kurma juga bisa menjaga kesehatan jantung kita, seperti kalium dan magnesium yang berguna untuk meningkatkan kesehatan jantung, karena kedua zat ini dapat membantu menurunkan tekanan darah ke tekanan normal. Kurma juga mengandung anti radang, anti radang yang dihasilkan dari antioksidan asam fenolik dapat membantu menurunkan resiko strok, penyakit jantung, dan juga hipertensi. Konsumsi rutin kurma secara rutin akan mendapatkan hasil yang lebih baik.

  1. Baik untuk kesehatan tulang

Osteoporosis dapat kita cegah dengan mengkonsumsi buah kurma. Selenium, yembaga, magnesium, dan mangan merupakan zat-zat yang dibutuhkan tubuh untuk kesehatan tulang, sehingga dapat memperkuat tulang serta melawan penyakit penyebab pengeroposan tulang.

  1. Membantu penurunan berat badan

Bagi anda yang menginginkan berat badan ideal, bisa menjadikan kurma cemilan. Meskipun kurma tinggi kalori, akan tetapi kandungan serat yang tinggi dan protein tak larut membuat kita merasa kenyang lebih lama.

Itulah beberapa manfaat dari buah kurma, sebenarnya masih banyak lagi manfaatnya seperti menjaga kesehatan otak dan daya ingat, juga bisa membantu menangkal radikal bebas. Jadi meskibun tidak dibulan Ramadhan sediakan kurma dirumah ya sebagai cemilan yang menyehatkan.

Salam sehat, semoga kita senantiasa diberi kesehatan dan dalam lindungan Tuhan…Aamiin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *