5 Manfaat Cincau Hijau Untuk Kesehatan

Cincau adalah salah satu bahan masakan yang bisa diolah menjadi makanan ataupun minuman. Tetapi mayoritas, cincau ini diolah  dijadikan minuman. Tahukah anda, minuman ataupun makanan yang Kamu makan serta berbahan cincau memiliki manfaat yang sangat luar biasa? Siapa sangka jika cincau ini mempunyai khasiat baik untuk tubuh kita.

Pertama, cincau adalah sebagai antioksidan alami. Pada cincau ini mengandung klorofil alami yang sangat mampu untuk menangkal radikal bebas di dalam tubuh. Dan efeknya pun sangat menakjubkan, dengan banyak mengkonsumsi cincau juga dapat mengurangi resiko terserang penyakit kanker.

Cincau juga berfungsi sebagai antibiotik dan anti inflamasi. Dan efek yang dapat ditimbulkan dari antibiotik cincau ini yaitu mampu untuk melancarkan peredaran darah di dalam tubuh. Sedangkan manfaatnya sebagai anti inflamasi adalah untuk mengatasi peradangan yang diakibatkan oleh kuman dan bakteri.

Tidak hanya itu saja, dengan cara merebus daun cincau dan meminum air rebusannya juga sangat ampuh untuk menurunkan demam. Jadi tidak perlu lagi ke dokter dan bayar mahal apabila hanya sakit demam, B’timers.

Air rebusan dari cincau hijau ini tidak hanya ampuh untuk mengatasi demam. Namun juga mampu untuk mengatasi diabetes melitus. Hal ini karena di dalam tanaman cincau terdapat kandungan Bisbenzilsokuinolin dan klorofil yang dapat menstabilkan kadar gula dalam darah.

Manfaat Cincau Hijau Untuk Kesehatan

1. Sebagai antioksidan

Kandungan klorofil yang sangat tinggi yang dimiliki oleh cincau hijau ini membuatnya dapat mempunyai manfaat sebagai salah satu tanaman yang memiliki peran yang penting sebagai antioksidan yang mampu untuk menangkal radikal bebas. Yang dimana dengan kemampuannya untuk menangkal radikal bebas ini secara tidak langsung juga telah mencegah munculnya sel-sel kanker.

BACA JUGA :  SEJUTA MANFAAT ZAITUN/OLIVE OIL

2. Sebagai antibiotik

Sekali lagi berkat klorofil yang terdapat di dalamnya membuat cincau hijau ini dapat dimanfaatkan sebagai salah satu obat antibiotik yang nantinya akan dapat membunuh berbagai macam jenis bakteri, virus, bahan pewarna makanan dan juga obat-obatan. Dengan menghilangnya zat-zat yang berbahaya ini maka sumbatan yang terjadi pada pembuluh darah juga dapat dikurangi.

3. Untuk menormalkan tekanan darah

Manfaat dari cincau hijau yang selanjutnya adalah untuk menormalkan tekanan darah, Dengan manfaatnya yang satu ini dapat membuat tanaman cincau ini akan sangat bermanfaat bagi mereka yang mempunyai riwayat penyakit darah tinggi. Cara yang bisa anda lakukan juga tergolong sangat mudah, anda hanya harus menyiapkan 20 lembar daun cincau hijau dan selanjutnya dibersihkan dan diremas-remas. Lalu tambahkan juga segelas air, dan setelah itu saring airnya dengan menggunakan kain yang bersih. Kemudian setelah itu berikan beberapa tetes sari jeruk nipis yang sesuai dengan selera. Baru setelah itu didiamkan beberapa saat supaya adonan tersebut berubah menjadi jelly. Dan setelah itu dapat dimakan dengan mennggunakan madu atau gula aren yang segar dan nikmat. Maka secara perlahan-lahan tekanan darah anda yang awalnya naik akan kembali netral.

4. Untuk menyembuhkan diare dan disentri

Pada saat rasa mulas datang yang diakibatkan terkena diare atau disentri maka segera anda lakukan untuk membuat ramuan yang terbuat dari tanaman cincau hijau ini yang sama seperti dengan ramuan untuk menurunkan tekanan darah diatas. Dengan meminumnya secara teratur maka gangguan disentri dan diare bisa disembuhkan.

5. Untuk meredakan demam

Mungkin manfaat yang satu ini merupakan salah satu manfaat dari cincau hijau yang paling populer dan telah teruji khasiatnya. Triknya lumayan gampang dengan mempersiapkan rimpang dari tanaman cincau yang telah bersih baru berikutnya dirajang tipis serta masak bersama dengan airnya . Untuk dapat menurunkan demam maka selanjutnya yang harus dilakukan adalah dengan meminumnya secara teratur.

BACA JUGA :  MANFAAT KURMA UNTUK KESEHATAN

Manfaat dari cincau hijau ini akan semakin optimal apabila anda mengkonsumsi ramuan dari cincau yang belum diolah ini menjadi agar-agar. Sehingga akan lebih baik apabila anda tidak mengkonsumsinya tatkala cincau hijau ini sudah dijadikan es cincau. Karena biasanya es cincau seringkali telah ditambahkan dengan beberapa bahan seperti santen dan air gula yang akan membuatnya tidak bisa bermanfaat secara optimal.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *