Berbagai Manfaat Vitamin E Untuk Kulit

Untuk mendapatkan kulit sehat dan tetap tampil cantik hingga awet muda tubuh kita membutuhkan vitamin E yang cukup. Manfaat vitamin E untuk kulit banyak sekali. Kandunga antioksidannya mampun mencegah kerusakan yang terjadi pada kulit, mempercepat regenerasi pada sel-sel kulit, serta mencegah terjadinya kanker kulit.

Mengapa Vitamin E Bermanfaat Untuk Kulit?

Vitamin E mudah diserap oleh kulit, vitamin E yang kita konsumsi terserap oleh lapisan epidermis kulit, hal ini dapat memperbaiki kerusakan yang terjadi pada kulit. Dengan demikian manfaat vitamin E untuk kulit sangat banyak mulai dari meningkatkan kelembapan dan elastisitas kulit, mengurangi peadangan baik yang terjadi pada kulit maupun tubuh, serta dapat juga membentuk kolagen. Manfaat vitamin E yang lain adalah:

Pencegah Penuaan Dini

Kandungan antioksidan yang tinggi pada vitamin E membantu meremajakan kulit yang mengalami keriput, kurang kencang bahkan kusam. Selain itu kemampuan vitamin E untuk membentuk kolagen juga bermanfaat untuk menjaga elastisitas kulit, karena kolagen sendiri diperlukan kulit untuk tetap elastis.

Solusi Kulit Kering dan Rusak

Memiliki kulit kering dan rusak tentu menjadi mimpi buruk bagi kita, kita dapat memanfaatkan vitamin E untuk permasalahan yang satu ini. Vitamin E mampu mengembalikan kelembapan pada kulit sehingga cocok untuk kulit kering dan juga rusak. Kulit segar dan tidak kusam juga akan kita dapatkan, karena vitamin E dapat mempertahankan kandungan kelembapan alami pada kulit.

Menyamarkan Noda Hitam Pada Wajah

Hiperpigmentasi atau noda hitam pada kulit dapat kita atasi dengan kandungan antioksidan yang ada pada vitamin E, kita tau bahwa antioksidan mampu menangkal radikal bebas yang sering kita hadapi ketika beraktifitas yang juga dapat menjadi salah satu pemicu munculnya noda hitam pada wajah, selain itu antioksidan juga bermanfaat untuk mencegah penyebab munculnya noda hitam yang lain seperti polusi, penuaan, atau adanya masalah pada organ hati.

BACA JUGA :  TIPS PUASA TETAP BUGAR, AKTIFITAS TETAP LANCAR

Begitu banyak manfaat vitamin E untuk kulit kita, sedangkan tubuh kita tidak dapat memproduksi vitamin E sendiri. Dengan demikian kita membutuhkan asupan yang dapat menghasilkan vitamin E. Untuk asupan dalam tubuh kita dapat memperolehnya dari makanan, atau suplemen. Sedangkan dari luar kita dapat memilih produk perawatan kulit yang mengandung vitamin E.

Makanan yang Mengandung Vitamin E

Tubuh kita memerlukan asupan vitamin E per hari 15 mg untuk orang dewasa, sedangkan untuk anak-anak membutuhkan 4 hingga 11 mg perharinya. Kebutuhan vitamin E dapat kita peroleh dari berbagai makanan yang kaya akan vitamin E. apabila asupan makanan kita sudah cukup memenuhi kebutuhan vitamin E, maka kita tidak lagi membutuhkan suplemen vitamin E khusus. Namun apabila dirasa kurang anda dapat mengkonsumsi vitamin E untuk memenuhi kebutuhan vitamin E tubuh.

Biji-bijian yang mengandung vitamin E

Almond dan minyak almond

Jika kita konsumsi 1 ons kacang almond maka kebutuhan vitamin E harian sudah terpenuhi hingga 48%. Karena almon memiliki kandungan vitamin E hingga 7,3mg. sedangkan untuk minyak almond kandungan vitamin E nya dalam satu sendok mengndung 5,3mg ini dapat mencukupi kebutuhan vitamin E hingga 36%.

Kuaci

Kuaci termasuk biji-bijian yang mengandung vitamin E, apa bila kita mengkonsumi seperempat gelas kuaci, maka hamper 95% kebutuhan vitamin E tubuh terpenuhi. Selain itu ada juga biji labu kering, dan wijen yang memiliki kandungan vitamin E sama dengan kuaci.

Kacang Hazelnut, Kacang hazelnut dapat memenuhi 20% kebutuhan vitamin E dalam satu ons.

Sayuran dan Buwah yang Mengandung Vitamin E

Selain biji-bijian ada juga sayuran dan buwah yang mengandung vitamin E yaitu:

Brokoli, Secangkir rebusan brokoli dapat memenuhi 4% kebutuhan vitamin E tubuh

Tomat, tomat juga memiliki kandungan vitamin E, kalium serta vitamin A. mengkonsumsi satu gelas jus tomat setara dengan satu mg vitamin E

BACA JUGA :  4 Tips Before Choosing a Place to Get Married in Bali

Mangga, Mangga yang kita kenall mengandung serat dan juga vitamin ternyata juga memiliki kandungan vitamin E. satu cangkir jus manga yang kita konsumsi setara dengan 1,5 mg vitamin E.

Paprika merah, Kandungan vitamin E pada 100 gram paprika merah yang masih mentah mencapai 1,6mg atau 11% untuk mencukupi kebutuhan vitamin E tubuh

Kiwi, Satu buah kiwi berukuran sedang mengandung 1,0mg vitamin E yang dapat memenuhu kebutuhan vitamin E hingga 7%.

Itulah beberapa sumber vitamin E yang dapat kita peroleh dari biji-bijian, sayur dan juga buwah yang tentunya dapat menghadirkan manfaat vitamin E untuk kulit kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *