Cara Atasi Gigi Sensitif Dengan Bahan Alami

Menikmati berbagai jenis makanan dengan nyaman tanpa merasakan gigi ngilu memang sangat menyenangkan. Namun, ngilu akibat gigi sensitif kerap kali menjadi momok bagi sebagian orang yang hendak menikmati makanan kesukaannya, terutama makanan dingin dan asam. Ngilu yang disebabkan gigi sensitif sangat membuat tidak nyaman penderitaya, bahkan rasa ngilu yang dirasakan dapat menyebabkan rasa sakit yang berlebih.

Gigi sensitif bisa terjadi karena adanya dentin atau lapisan dasar gigi yang terbuka, karena adanya enamel yang menutupi akar gigi berkurang. Sehingga, saraf yang ada di dalam gigi mudah terkena rangsangan dan timbul rasa ngilu.

Penyebab gigi sensitif

Penyebab gigi sensitif kebanyakan dikarenakan kebiasaan yang kurang baik seperti menyikat gigi terlalu keras, sering mengkonsumsi makanan yang terlalu dingin atau terlalu panas, menggeretakkan gigi ketika tidur, selain itu gigi yang berlubang juga sering menjadi pemicu gigi sensitif.

Cara Atasi Gigi Sensitif Dengan Bahan Alami

Anda tidak perlu cemas berlebih jika mengalami gigi sensitif, gigi sensitif yang anda alami sebenarnya dapat diatasi dengan bahan-bahan alami yang sangat mudah didapatkan, bahkan tersedia di dapur anda. Selain mudah didapat bahan alami juga aman untuk digunakan. Bahan-bahan alami yang dapat anda guanakan untuk mengatasi maslah gigi sensitif adalah:

Air Garam

Air garam, tentu sudah tidak asing bagi kita, bahkan orang-orang jaman dahulu juga sudah menjadikan larutan air garam ini sebagai antiseptik alami yang ampuh atasi gigi sensitif. Bahkan air garam juga membantu anda atasi gusi bengkak dan rasa ngilu, hal ini dikarenakan garam juga memiliki kandungan anti bakteri yang dapat melawan bakteri jahat yang menyebabkan anda sakit gigi.

Bawang Putih

Bawang putih memang memiliki banyak manfaat untuk masalah kesehatan, tidak terkecuali dengan gigi sensitif. Kandungan senyawa allicin yang ada pada bawang putih mampu meredakan sakit gigi akibat gigi sensitif. Selain itu bawang putih juga dapat membunuh bakteri yang ada pada gigi. Cara penggunaannya sangat mudah, anda siapkan satu siung bawang putih, kemudian tambahkan sedikit garam dan haluskan hingga seperti pasta. Jika sudah halus kemudian oleskan pada gigi yang sakit.

BACA JUGA :  Manfaat serta Tips Scrub Wajah

Bawang Merah

Selain bawang putih, bumbu dapur lainya yaitu bawang merah. Bawang merah memiliki kandungan antimikroba dan juga anti inflamasi yang mampu mengobati rasa sakit dan radang disekitar gigi secara efektiv. Cara penggunaannya sangat mudah, and dapat mengunyah sepotong bawang merah selama beberapa menit. Atau meletakkan bawang didekat gigi yang ngilu kemudian biarkan selama 10 menit.

Kunyit

Senyawa curcumin yang ada pada kunyit juga merupakan antiinflamasi yang dapat menghilangkan rasa sakit akibat gigi sensitif. Cara penggunaannya sangat mudah, anda tinggal oleskan kunyit pada gigi yang sakit.

Teh hijau

Teh hijau juga memiliki efek anti oksidan serta sifat anti inflamasi yang sangat baik untuk kesehatan gigi dan mulut anda. Teh hijau juga dapat mengendalikan bakteri. Anda dapat menjadikannya obat kumur, tentu saja jika anda membuatnya jangan tambahkan gula.

Dengan bahan-bahan alami tersebut diatas anda dapat dengan cepat dan mudah mengatasi masalah gigi sensitif yang anda alami. Untuk menjaga agar gigi sensitif yang anda alami tidak mudah kambuh lagi, anda dapat menggunakan pasta gigi herbal yang memiliki beberapa kandungan bahan alami diatas. Atau anda dapat menggunakan pasta gigi khusus gigi sensitif. Sikatlah gigi anda dengan teratur dan dengan cara menyikat gigi yang benar dan tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *