Ketahui Pengertian Network Switch Secara Sederhana dan Fungsinya

Anda yang memiliki bisnis disarankan menggunakan fitur network switch. Mungkin fitur ini masih cukup asing ditelinga anda karena memang penjelasan tentang fitur ini kerap kali berputar-putar sehingga membuat semakin bingung. Mengapa fitur ini penting untuk pebisnis? Pada dasarnya fitur ini mampu menciptakan jaringan. Hampir semua jaringan bisnis zaman sekarang menggunakan fitur ini.

Lantas apa yang ditawarkan fitur ini sampai-sampai mayoritas jaringan dalam lingkup bisnis menggunakannya? Fitur ini menawarkan jaringan penghubung antar perangkat yang ada dalam gedung perkantoran. Adapun perangkat yang bisa dihubungkan adalah komputer, telpon, printer, lampu, kamera, serta server yang ada di lokasi yang sama dengan gedung. Sehingga, fitur ini bisa dikatakan sebagai pusat kontrol dan menciptaka kemungkinan seluruh peralatan bisa terhubung dan berfungsi dengan lebih efisien.

Fitur ini juga menciptakan pembagian dara, informasi, dan mengalokasikan sumber daya secara efisien. Sehingga dalam dunia bisnis tentu saja fitur ini bisa menghemat pengeluaran anda. Ditambah lagi karena seluruh perangkat sudah terhubung yang berarti konektivitas jadi lebih mudah, produktivitas karyawan anda tentunya juga akan meningkat.

Seperti yang anda ketahui, ada beberapa jenis gedung perkantoran. Ada kantor yang sudah besar dengan jumlah ribuan karyawan. Adapula kantor yang masih kecil dengan karyawannya yang masih bisa dihafal. Atau mungkin ada kantor yang masih merintis sehingga jumlah karyawannya masih sedikit.

Perbedaan besar kantor tersebut tentu saja memerlukan penghubung jaringan yang berbeda pula. Bayangkan jika jaringan penghubung dalam kantor yang memiliki jumlah karyawan ribuan sama dengan kantor yang masih merintis dengan karyawan yang masih bisa dihafal. Tentu saja hal tersebut tidak mungkin. Oleh karena itu, network switch memiliki pembagian yang disesuaikan dengan jangkauan jaringannya. Tipe fitur ini dibagi menjadi dua yaitu tipe unmaged switch dan juga tipe managed switch.

BACA JUGA :  Cara Riset Keyword Paling Jitu Untuk Meningkatkan Trafic Blog anda

Untuk tipe yang pertama yaitu managed switch, tipe ini bisa digunakan secara langsung tanpa pengaturan tertentu serta proses pemasangan yang rumit. Karena sangat simpel, tentu saja ada beberapa keterbatasan yang dimiliki tipe ini. Fitur yang ditawarkan tipe ini tidak begitu lengkap karena tidak adanya pengaturan tertentu di awal.

Selain itu, tipe ini juga memiliki jaringan yang terbatas dan jangkauan yang lebih kecil. Untuk tipe yang kedua adalah managed switch. Berbeda dengan tipe yang kedua, tipe ini memerlukan pengaturan tertentu sbeelum digunakan sehingga lebih rumit pada proses pemasangannya. Namun tentu saja karena adanya pengaturan, maka fitur yang diberikan tipe ini juga sangat lengkap. Selain itu tipe ini juga memiliki jangkauan yang sangat luas dan bisa diakses dari jauh.

Sekarang anda sudah mengetahui pengertian network switch beserta dengan penjelasan tiap tipenya. Jika sudah begitu, tugas anda sekarang adalah memilih tipe yang sesuai untuk anda. Sebelum memilih salah satu tipe, anda bisa melihat dan mengamati kantor anda. Jika jumlah karyawan anda tidak banyak dan anda masih bisa menghafal rata-rata nama-nama karyawan, maka anda disarankan memilih tipe unmanaged switch.

Tipe ini dirasa sudah cocok dengan jangkauan jaringan yang dimiliki. Anda bisa lebih yakin memilih tipe ini apabila tidak ada karyawan anda yang harus wfh. Sebaliknya jika jumlah karyawan anda ribuan dan anda sudah tidak bisa menghafal sebagian besar nama-nama karyawan, anda bisa memiliih tipe managed switch. Anda bisa yakin untuk memilih tipe managed switch jika beberapa karyawan andasudah ada yang wfh.

Next Post

No more post

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *