Memantau Keuangan Pribadi Dengan Fitur Terbaru BRImo

Menjaga kesehatan keuangan pribadi Anda mungkin merupakan proses yang menantang, berat, dan terkadang mematahkan semangat, tetapi bagi sebagian besar orang hal ini sangat diperlukan. Pengeluaran yang melebihi pendapatan adalah penyebab utama seseorang dililit oleh utang, dan jika Anda tidak hati-hati dalam mengatur pengeluaran, Anda akan kesulitan memenuhi kebutuhan-kebutuhan pokok Anda. Untungnya, memantau keuangan pribadi tidaklah sulit dilakukan, namun proses ini membutuhkan waktu dan disiplin. Cobalah salah satu dari dua metode di bawah ini untuk mengatur keuangan Anda lebih baik.

Buatlah sebuah sistem

Bagian paling penting dalam memantau keuangan pribadi Anda adalah konsistensi. Apa pun sistem yang digunakan untuk mencatat transaksi, Anda harus dapat memantaunya kembali dengan mudah. Pastikan Anda mencantumkan informasi penting seperti tanggal, jumlah pengeluaran atau pendapatan, dan kategori beban di tiap jurnal. Pastikan pencatatan Anda konsisten. Sebagai contoh, Anda dapat mencatat transaksi segera ketika terjadi, atau bahkan sekali seminggu.

Kategori biaya adalah cara mudah untuk melihat ke mana pengeluaran terbesar Anda berada. Kategori-kategori ini misalnya biaya rumah, utilitas (misalnya listrik dan air), beban rumah tangga, beban pangan, biaya kesehatan, hewan peliharaan, pengeluaran pribadi, dan hiburan. Jenis kategori tentunya berbeda bagi setiap orang dan Anda dapat menyesuaikan spesifikasinya sesuai keinginan. Sebagai contoh, mungkin Anda hanya ingin mencatat beban yang penting atau diinginkan. Hal terpenting adalah kategorisasi yang dilakukan konsisten pada setiap transaksi.

Simpan buku catatan

Cara termudah untuk memantau keuangan pribadi Anda adalah menuliskan tiap transaksi di buku catatan. Dengan demikian, Anda bisa mengetahui ke mana tiap rupiah yang Anda miliki datang atau pergi. Pada akhir periode (misalnya mingguan atau bulanan), Anda dapat memindahkan informasi di buku ke dalam komputer sebagai backup.

BACA JUGA :  Lomba Festival Vlog Tim Penggerak PKK Desa Kabupaten Gresik

Anda dapat menyusun buku ini dalam beberapa cara. Supaya sederhana, Anda mungkin sebaiknya memakai buku hanya untuk pengeluaran. Atau, Anda dapat menggunakan buku untuk mencatat pendapatan dan pengeluaran untuk melihat keseimbangan keuangan pribadi. Sebagian orang hanya menggunakan buku pengeluaran, dan menggabungkannya dengan beban kartu kredit dan debit pada tiap akhir bulan.

Jika kamu adalah nasabah bank BRI yang memiliki aplikasi mbanking BRI atau BRImo di smartphone, maka dapat dengan mudah memiliki catatan keuangan. Dalam BRImo terdapat fitur yang akan membantu nasabah mengatur keuangannya. Fitur ini sangat memudahkan nasabah karena membantu dalam menginformasikan jumlah pemasukan dan pengeluaran yang dilakukan selama transaksi menggunakan BRI. Fitur Personal Financial Management atau PFM sangat membantu nasabah mengatur keuangan dengan mudah.

Next Post

No more post

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *