Pengertian Provider Dan Fungsinya

Bagi sebagian orang yang terbiasa menggunakan jaringan internet, istilah ISP pasti bukanlah sebuah istilah yang asing. Bagi para pengguna jaringan internet, ISP merupakan rekanan dan juga produsen jasa untuk kegiatan internet mereka. Setiap orang yang menggunakan jaringan internet pasti akan berhubungan dengan perusahaan ISP.

Apa itu ISP? Pengertian ISP (Internet Service Provider) atau Penyelenggara Jasa Internet (PIJI) adalah rekanan atau produsen yang memberikan jasa layanan akses internet atau media komunikasi dan informasi berbasis online.

Internet Service Provider ini memiliki jaringan yang luas, baik secara domestik maupun internasional sehingga para penggunanya dapat terkoneksi dengan jaringan internet global.

Sesuai pengertian ISP di atas, jaringan internet tersebut merupakan media transmisi yang mampu mengalirkan data-data dari satu tempat ke tempat lainnya. Media transmisi ini berupa kabel, modem dan jalurnya, radio atau VSAT. Temukan provider internet terbaik dalam IndiHome paket LFH dan dapatkan promo secara eksklusif.

Umumnya ISP (Internet Service Provider) mengenakan biaya bulanan kepada para pengguna jasa mereka. Layanan koneksi internet dari ISP bisa dibedakan menjadi dua kategori, yaitu:

1. Modem (Dial-up)

Koneksi dial-up ini biasanya biayanya murah atau bahkan gratis dari perusahaan penyedia layanan internet. Media yang digunakan adalah kabel telepon biasa yang dipasang di rumah/ kantor.

2. Jalur Lebar (BroadBand)

Koneksi internet dari broadband merupakan jaringan internet nirkabel, ISDN, DSL, kabel modem, atau satelit. Umumnya koneksi internet broadband memiliki koneksi internet yang lebih cepat, namun cenderung lebih mahal.

Fungsi ISP (Internet Service Provider)

Mengacu pada pengertian ISP, pada dasarnya fungsi ISP adalah sebagai perusahaan penyedia layanan koneksi internet bagi masyarakat umum. Jika tidak ada produk ISP, mungkin kita tidak bisa menikmati akses jaringan internet seperti yang biasa kita nikmati.

BACA JUGA :  MESIN COMBINE HARVESTER SI PEMANEN PADI

Untuk lebih detailnya, berikut ini adalah adalah peranan dan fungsi ISP:

  • Sebagai perusahaan penyedia layanan jasa koneksi internet
  • Penghubung pengguna internet ke gateaway internet terdekat
  • Sebagai perusahaan penyedia perangkat modem untuk dial-up koneksi internet
  • Sebagai media penghubung pengguna jasa internet dengan layanan informasi yang ada di World Wide Web (WWW)
  • Penyedia tempat untuk homepage
  • Sebagai media yang membantu pengguna jasa untuk aktivitas download dan upload data dari internet
  • Dan lain-lain
Next Post

No more post

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *