Sabun Cuci Tangan Hindarkan Anda Dari Infeksi Kuman dan Bakteri

Tangan menjadi salah satu organ tubuh yang paling sering bersentuhan dengan segala macam benda, sehingga banyak sekali kuman atau pun bakteri yang menempel, sedangkan tangan inilah yang juga sering bersentuhan dengan anggota tubuh kita bukan? Bahkan memasukkan makan. Selalu menjaga kebersihan tangan dengan mencuci tangan menggunakan sabun cuci tangan dapat melindungi diri dari infeksi kuman dan bakteri.

WHO yakni badan kesehatan dunia pun menegaskan jika kedua tangan adalah jalur utama masuknya kuman dan bakteri kedalam tubuh. Nah, menjaga kebersihan tangan berarti kita juga menjaga tubuh dari infeksi kuman dan bakteri. Mencuci tangan secara rutin minimal sebelum makan harus selalu kita biasakan baik untuk diri kita maupun orang-orang disekitar kita, terutama untuk anak-anak.

Manfaat mencuci tangan dengan sabun cuci tangan

Dengan mencuci tangan kita sudah ikut andil dalam program pengendalian infeksi, kenapa? Karena dengan mencuci tangan anda sudah ikut serta menghindari penyebaran bibit penyakit, kuman, dan juga bakteri ke dalam diri sendiri dan juga orang lain. Penyebaran kuman ditubuh sebagian besar berasal dari tangan yang kotor dan tidak dibersihkan.

Mencuci tangan dengan menggunakan sabun dapat mencegah penyakit infeksi seperti infeksi kelahiran baru, infeksi di antara AIDS, influenza, radang paru-paru, diare, thypus, dan juga disentri termasuk kolera. Bahkan covid 19 Serem kan ya, ternyata penyakit yang terbilang membahayakan juga bias masuk ketubuh jika kita lenggah menjaga kebersihan tangan. Apalagi dimusim pandemi covid 19 yang juga belum ada titik terang seperti saat ini. Menjaga kebersihan tangan menjadi hal wajib yang harus kita lakukan.

Mengapa harus menggunakan sabun cuci tangan?

Mencuci tangan dengan air saja tidak cukup untuk bias membasmi kuman, bakteri, apalagi virus.  Sabun memiliki kandungan sejenis lemak amphiphiles. Amphiphiles ini memiliki struktur yang mirip dengan lemak di membrane virus, sehingga sabun mampu memecahkan lemak yang terdapat pada membrane virus. Dengan demikian virus yang menempel pada tangan bias mati. Bahkan sabun juga mampu mengankat gen berbahaya yang menempel pada tangan, mengangkat minyak, serta kotoran. Karena sabun cuci tangan dapat memisahkan komponen pembentuk virus yaitu RNA, protein serta lemak yang menyatu.

BACA JUGA :  TIPS PUASA TETAP BUGAR, AKTIFITAS TETAP LANCAR

Waktu penting untuk cuci tangan

Sebenarnya tangan kita harus steril setiap saat. Akan tetapi terlihat sulit ya untuk selalu setiap saat cuci tangan, dan tentunya tidak ada jaminan bukan kalua tangan kita selalu steril. Nah, agar kita tetap bias jaga kesehatan paling tidak lakukanlah cuci tangan pada waktu penting berikut:

  • Sebelum kita memulai makan
  • Sebelum memulai memasak, atau Menyajikan makanan
  • Setelah kita bersin dan batuk, atau membuang ingus.
  • Setelah anda menggunakn toilet,apalagi toilet umum.
  • Sebelum anda bersentuhan dengan bayi dan juga setelah menggati popoknya.
  • Sebelum dan sesudah anda merawat luka
  • Setelah bersentuhan dengan segala hal yang kotor.
  • Setelah menggunakan transportasi atau fasilitas umum yang lain.
  • Sebeluam dan Setelah berinteraksi dengan orang sakit.

Itu adalah beberapa waktu penting yang wajib anda perhatikan untuk melakukan cuci tangan. Apabila anda adalah seorang medis, atau pekerja dirumah sakit anda harus lebih ekstra menjaga kebersihan. kapan saja? Yaitu:

  1. Sebelum dan sesudah anda menyentuh pasien
  2. Sebelum dan sesudah melakukan berbagai tindakan
  3. Setelah anda menyentuh cairan tubuh seperti urin, darah dan yang lain.
  4. Setelah menyentuh lingkungan pasien, seperti seprei, alat makan, atau tempat tidur.

Bagaiamana? Sebenarnya mudah kan untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Kuncinya menjaga kebersihan terutama tangan kita yang merupakan media masuknya kuman, bakteri, bahkan virus. Jadi jangan lupa untuk membiasakan cuci tangan dengan sabun cuci tangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *