Solusi Pinggang Belakang terasa Sakit

Apakah anda juga termasuk salah satu dari sekian banyak orang yang pernah alami sakit pinggang belakang? Kira-kira apa alasan pinggang belakang terasa sakit yang muncul kala itu? Atau bahkan ketika membaca artikel ini anda masih mengalminya? Lantas apa yang dapat anda lakukan untuk menanganinya? Haruskan anda pergi ke dokter atau kah anda cukup melakukan tindakan sendiri. Simak ulasan berikut seputar alasan yang membuat pinggang belakang terasa sakit beserta solusinya.

Alasan pinggang belakang terasa sakit

Sakit pinggang belakang kerap kali muncul sewaktu-waktu, namun ada juga orang yang mengalaminya dalam jangka waktu yang panjang. Nyeri pada bagian pinggang belakang membuat penderitanya tidak nyaman ketika beraktifitas bahkan merasakan kesakitan yang luar biasa pun dapat terjadi.

Kondisi yang sering dirasakan para penderita sakit pinggang belakang berfariasi seperti pegal-pekal pada pinggang, nyeri yang menjalar dari pinggang sampai kaki, terasa sakit ketika membungkuk, atau mengangkat benda berat, dan rasa sakit yang kian terasa ketika terlalu lama duduk.

Kondisi tersebut dapat hilang dengan sendirinya dalam waktu sekitar 3 hari apa bila sakit pinggang belakang yang anda alami tidak termasuk yang berbahaya. Akan tetapi apabila anda merasakannya dalam waktu yang lama dan tak kunjung hilang bahkan semain hari semakin bertambah rasa sakitnya anda perlu memeriksakannya ke dokter. Berikut gelaja sakit pinggang belakang yang harus anda waspadai

Gejala sakit pinggang belakang yang harus diwaspadai

Nyeri pinggang belakang disertai demam, merasakan lemah pada tungkai, mengalami gangguan buang air kecil dana tau buang air besar, berat badan anda naik atau turun secara drastis. Selain itu apabila anda merasakan sakit setelah mengalami kecelakaan anda juga perlu memeriksakannya ke dokter.

BACA JUGA :  Cara Atasi Gigi Sensitif Dengan Bahan Alami

Nah, itu tadi gejala yang muncul ketika anda alami sakit pinggang belakang. Apabila anda merasakan gejala demikian anda perlu waspada dan memeriksakannya ke dokter.

Mengapa harus pergi ke dokter

sakit pinggang belakang saja harus pergi kedokter. Mungkin dipikran anda ada yang muncul stetmen demikian. Eits…jangan salah, gejala sakit punggung bagian bawah dapat menjadi salah satu indikasi penyakit yang serius. Kondisi sakit pinggang belakang akibat penyakit lain seperti infeksi ginjal, batu ginjal, usus buntu, pankreatitis, endometriosis, kista ovarium, dan juga miom.

Itulah mengapa anda memeriksakan diri kedokter manakala gejala atau nyeri pinggang belakang tidak kunjung redah bahkan semakin parah.

Solusi atasi sakit pada pinggang belakang

Penanganan sakit pinggang belakang tergantung pada penyebabnya. Dan dapat anda lakukan secara mandiri manakala nyeri pinggang hanya disebabkan otot yang tegang. Sebagai upaya penanganan dini anda dapat melakukan hal berikut:

Kompres dengan es

Anda dapat menggunakan es untuk mengompres area pinggang, hal ini dapat mengurangi pembengkakan. Oh iya…jangan langsung menempelkan es pada pinggang ya..tetapi anda perlu membungkus es batu dengan kain atau handuk terlebih dahulu agar kulit anda tidak terluka. Anda dapat melakukan kompres dingin ini dalam 2 atau 3 hari.

Kompres dengan air hangat

Setealah anda mengompres dingin 2 atau tiga hari, anda dapat melanjutkan dengan kompres hangat sebagai upaya mengurangi peradangan, memperlancar sirkulasi darah, dan melemaskan otot anda. anda dapat melakukannya setiap 2 atau 3 jam dalam waktu 20 hingga 30 menit.

Beraktifitas  seperti biasa

Ketika anda merasakan nyeri pinggang belakang anda tidak harus berdiam diri dan tidur tiduran saja, anda diperbolehkan bahkan disarankan untuk melakukan aktifitas seperti biasanya, agar otot anda tidak kaku. Namu  jangan melakukan aktifitas yang berat atau mengangkat beban terlalu berat.

BACA JUGA :  Manfaat serta Tips Scrub Wajah

Obat nyeri herbal atau kimia

Anda juga dapat mengatasi nyeri dengan meminum obat, untuk herbal anda dapat meminum kapsul gamat ataupun habatussaudah atau jinten hitam.  Apabila anda memilih obat kimai anda dapat meminum obat Pereda nyeri seperi paracetamol.

Demikian alasan pingang belakang sakit, gejala, dan juga solusi yang kami tawarkan. Untuk pencegahan anda dapat mengkonsumsi susu dengan kandungan kalsium yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tulang anda.

Next Post

No more post

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *