TIPS PUASA TETAP BUGAR, AKTIFITAS TETAP LANCAR

Puasa Ramaddah bagi ummat Islam adalah hal yang wajib dilaksanakan, puasa dilaksanakan selama sebulan penuh. Sangat disayangkan apabila kita tidak bisa berpuasa penuh karena kondisi tubuh mendadak sakit, kecuali perempuan ya. Karena bagi perempuan ada diskon khusus, tau kan ketika si tamu datang…hehehe.Mempersiapkan tubuh agar tetap bugar ketika menjalankan puasa perlu kita lakukan supaya ibdah kita bisa maksimal dan aktifitas kita pun tetap lancar.

Ada stetmen bahwa tidurnya orang puasa adalah ibadah. Ini bukan berarti ketika berpuasa kita hanya tidur-tiduran ya. Jika dilogika tidur saja ibadah apa lagi kita beraktifitas. Pasti kita akan mendapat tambahan pahala dari aktifitas kita yang tentunya kita awali dengan niat ibadah ya. Contohnya para pekerja yang tetap melaksanakan pekerjaannya meski berpuasa, ibu rumah tangga yang selalu siap mengerjakan pekerjaannya meski pun sedang berpuasa. Tentunya pekerjaan-pekerjaan tersebut membutuhkan energi lebih bukan. Dan bagi para pekerja jangan membuat alasan pekerjaan untuk meninggalkan puasa ya, ingat hokum puasa adalah wajib. Jadi kalua kita tinggalkan akan berdosa.

Sebenarnya puasa itu sendiri bisa meningkatkan kesehatan kita lo, tubuh yang lapar dengan sendirinya akan membersihkan racun-racun yang ada didalam tubuh kita. Ibaratnya sebuah mesin giling jika sepanjang tahun digunakan tanpa adanya pembersihan dan istirahat tentu mesin akan cepat rusak. Begitu pula dengan tubuh kita, yang organ-organ tubuh butuh waktu untuk beristirahat, terutama organ pencernaan. Puasa memberi kesempatan pada organ pencernaan untuk beristirahat dan tidak bekerja keras sepanjang hari.

Supaya tubuh kita tetap bugar dan aktifitas kita tetap lancar, berikut beberapa tips yang dapat kita terapkan:

  1. Wajib makan sahur

Meskipun hukum makan sahur adalah Sunnah, namun jika anda ingin sela berpuas energi tetap tercukupi maka jangan lewatkan sahur. Makan sahur sama pentingnya seperti sarapan pagi ketika kita tidak berpuasa. Ibaratnya pesawat terbang, ketika hendak melakukan penerbangan pasti mengisi bahan bakar terlebih dahulu agar bisa terbang maksimal. Sama denga tubuhkita yang membutuhkan bahan makanan untuk bisa diolah menjadi energi, sehingga kita tetap bugar dan dapat menjalankan aktifitas dengan lancar.

BACA JUGA :  Cara Mengatasi Gizi Buruk Pada Anak

Jika kita tidak makan sahur tubuh kita akan cepat lemas dan lelah serta kita akan cepat merasakan haus dan lapar. Nah ada baiknya ne, anda memersiapkan menu makan sahur dengan makanan kesukaan keluarga, supaya anggota keluarga bersemangat untuk makan sahur. Terutama ketika awal-awal puasa, karena belum terbiasa bangun dini hari terkadang membuat malas untuk bangaun. Kalua kita membuat menu spesial diawal Ramadhan atau sahur pertama tentu akan menggugah semangat kita.

  1. Tidak tidur setelah sahur

Tidur setalah sahur dalam kondisi perut kita masih kenyang tidak baik untuk kesehatan kita, ketka perut sedang kenyang lalu digunakan untuk tidur membuat pencernaan bekerja lebih keras. Hal ini justru dapat membuat tubuh merasa lebih lapar ketika bangun. Lebih baik setelah sahur kita gunakan untuk tadarus Al-Qur’an atau berkumpul dengan keluarga. Jika kita ingin tidur, sebaiknya kita tunggu beberapa waktu dulu sampai makanan yang kita konsumsi tercena dengan baik.

  1. Tidak berlebihan ketika berbuka puasa

Ketika berbuka puasa memang nafsu makan kita akan meningkat, karena seharian kita telah menahan lapar dan harus. Akan tetapi makan dan minum berlebihan ketika berbuka tidak baik untuk kesehatan, hal ini juga bisa menambah berat badan kita secara cepat. Apa lagi menu-menu berbukanya kurang sehat seperti makanan cepat saji/ fast food atau gorengan. Gorengan ini yang sering diburu ketika berbuka, padahal gorengan bisa membuat kolesterol kita naik. Pilihlah makanan yang ringa terlebih dahulu ketika berbuka namun tinggi nutrisi dan cukup serat. Kurma bisa menjadi pilihan anda sebagai makanan pembuka berbuka puasa. Banyak sekali manfaat kurma. Kandungan vitamin, antioksidan, dan juga sumber serat makanan yang baik.

BACA JUGA :  Cara Atasi Gigi Sensitif Dengan Bahan Alami

Baca juga: manfaat kurma untuk kesehatan

  1. Melakukan olah raga ringan

Olahraga tetap harus kita lakukan paling tidak tiga kali dalam seminggu. Meskipun kita sedang berpuasa bukan berarti kita tidak bisa berolahraga. Menyempatkan olahraga ringan akan menjaga kekuatan dan kebugaran tubuh kita sehingga tubuh kita tetap bugar dan aktifitas tetap lancar. Olahraga ringan yang bisa kita lakukan seperti berjalan kaki, bersepedah, ataupun yoga.

  1. Minum air putih yang cukup

Menjaga agar cair tubuh tetap tercukupi sanagt penting, agar tubuh kita tidak dehidrasi. Jika tubuh kekurangan cairan akan membuat kita lemas dan letih. Bagaimana caranya, yaitu dengan minum air putih yang cukup ketika sahur, berbuka dan juga ketika malam hari. Selain itu kita juga bisa memenuhi cairan tubuh dengan mengkonsumsi buah yang banyak mengandung air. Seperti semangka, buah naga dan yang lainnya.

  1. Memenuhi kebutuhan vitamin

Kita dapat memenuhi vitamin dengan mengkonsumsi sayur dan buah. Jangan lewatkan menu sayur ketika berbuka dan berpuasa. Serta sempatkan memakan buah.

Itulah beberapa tips yang bisa kita lakukan agar tubuh kita tetap bugar dan aktifitas kita juga tetap lancar. Semoga kita senantiasa diberi kesehatan sehingga bisa menmaksimalkan ibadah kita selama bulan Ramadhan sampai hari kemenagan tiba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *